All about YAKUZA

Posted: Wednesday, March 24, 2010 by Mr.L in
0








Apa itu YAKUZA ?


YAKUZA juga dikenal dengan nama GOKUDO yang merupakan organisasi kriminal di Jepang.

Saat ini Yakuza menjadi salah satu organisasi kriminal terbesar di dunia. Kekuatan Yakuza bangkit dan jatuh berdasarkan jumlah penduduk di Jepang, dengan perkiraan keanggotaan inti mulai dari 80.000 sampai dengan 110.000 anggota pada tahun 1945-1996.

Beberapa pihak berwenang percaya kepada Kepolisian Nasional Jepang yang secara rutin menghitung jumlah anggota Yakuza lewat nama-nama yang disita dalam bentuk gulungan laporan keanggotaan, atau rekaman dari laporan intelijen polisi rutin. Seperti Mafia sisilia dan organisasi bawah tanah lainnya, para Yakuza terbentuk turun temurun sesuai dengan silsilah keluarga.


Kenapa YAKUZA memiliki Tato ?

Tato Yakuza berasal dari Bakuto dan biasanya mereka men-tato jari mereka seperti bentuk cincin atau dilengan bahwa ini menunjukkan setiap kejahatan yang mereka lakukan, yang pada akhirnya menjadi simbol kekuatan tersendiri bagi mereka.

Tato ini juga menggambarkan bahwa mereka tidak bersedia untuk patuh terhadap aturan-aturan atau norma-norma yang ada di negara atau di masyarakat sekalipun. Dalam proses pengerjaanya, bisa menghabiskan 100 jam untuk memenuhi bagian punggung dengan tattoo Yakuza.

Namun sekarang tato ini memiliki arti berbeda, setiap anggotanya memiliki tato yang menggambarkan clan atau marga mereka.




Sudah menjadi suatu keharusan, bahwa setiap anggota YAKUZA memiliki tato.


ARTI TATO YAKUZA :


TIGER
Harimau melambangkan kekuatan dan kekuasaan.





TAMATORI HIME

Tamatori Hime melambangkan keserakahan.





DRAGON

Naga melambangkan keberuntungan, seorang pejuang dan sangat disegani.





KOIS

Koi melambangkan kesuksesan, kekuatan dan ketegasan.




STRUKTUR ORGANISASI YAKUZA


Di masa kini, keanggotaan YAKUZA diperkirakan telah menurun tajam, tetapi bukan berarti tidak berbahaya. Tulang punggung bisnis ilegal mereka adalah pachinko, perdagangan amphethamine (termasuk ice dan ekstasi), prostitusi, pornografi, pemerasan, hingga penyelundupan senjata.

Di era 1980-an, Yakuza mengembangkan sayap mereka hingga ke Amerika serikat, dan ikut masuk dalam bisnis legal untuk mencuci uang mereka. Dalam operasinya, Yakuza membeli aset di Amerika dan salah satu yang pernah mencuat ke permukaan adalah keterlibatan Prescott Bush, saudara dari presiden George H.W Bush dan paman dari Presiden George W. Bush, dalam transaksi penjualan perusahaan Aset Management International Financing & Settlements di awal 1990an.

Berdasarkan perkiraan kasar dari sumber majalah Far Eastern Economic Review edisi 17 Januari 2002, Yakuza diperkirakan telah menanamkan uang hingga 50 milyar dolar dalam investasi saham dan perusahaan di Amerika Serikat. Bandingkan dengan cadangan devisa Indonesia yang 36 milyar dolar.

Di dalam negeri, Yakuza juga ditengarai turut berperan dalam anjloknya ekonomi Jepang selama 10 tahun terakhir. Sebagai akibat amblasnya bisnis properti dan macetnya kredit bank di Jepang pasca 1990, banyak debitor yang menyewa anggota Yakuza agar agunan mereka tidak disita oleh bank. Selain itu, banyak perusahaan yang memperoleh pinjaman bank pada dasarnya adalah sebuah kigyo shatei, perusahaan boneka miliki Yakuza. Perusahaan milik Yakuza ini diperkirakan memperoleh kredit antara 300-400 milyar dolar, dan sebagian dari jumlah itu dialirkan ke induk organisasi Yakuza.

Menghadapi hal seperti ini, bank Jepang jelas tidak bisa berkutik.



0 comments: